Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 PTN yang Membuka Jalur Mandiri dengan Nilai UTBK 2021/2022

PTN Menggunakan Nilai UTBK Untuk Jalur Mandiri

6 PTN yang membuka jalur mandiri dengan nilai UTBK 2021/2022 – Seleksi untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri yang dibuka tahun 2021 nanti adalah SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri. Persyaratan agar bisa diterima di PTN tujuan berbeda-beda bergantung pada aturan LTMPT dan kebijakan PTN.

PTN Jalur Mandiri dengan Nilai UTBK 2021/2022

Jika kamu mendapatkan kesempatan masuk PTN melalui jalur SNMPTN, kamu tidak perlu pusing untuk mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Sebab, ujian tersebut hanya diperuntukkan bagi siswa siswi SLTA yang hendak mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Nilai UTBK akan menjadi penentu apakah pendaftar bisa diterima di program studi tujuannya ataukah tidak. Semakin tinggi nilai UTBK yang didapatkan, akan semakin besar pula peluang diterima.

Kabar baiknya, nilai UTBK tidak hanya berlaku untuk masuk PTN dengan jalur SBMPTN. Di beberapa PTN di Indonesia, pelaksanaan jalur mandiri juga menerima hasil UTBK sebagai salah satu bentuk seleksi. Meskipun demikian, ada pula PTN yang tidak hanya menggunakan hasil UTBK sebagai bahan pertimbangan, tetapi juga nilai ujian tulis. Berikut ini adalah daftar PTN yang menerima mahasiswa dari jalur mandiri dengan nilai UTBK berdasarkan data tahun 2020.

1.Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas di Kota Yogyakarta yang dikenal dengan program studi keguruannya adalah Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Selain menerima pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, UNY juga menerima pendaftaran jalur mandiri Seleksi Masuk dengan skor UTBK. Seleksi diperuntukkan bagi lulusan SMA/ SMK/ MA yang lulus tahun 2019, 2020, dan 2021 yang mengikuti UTBK tahun 2021. Adapun tambahan bentuk seleksi bagi program studi terkait olahraga dan seni wajib mengunggah portofolio.

Berdasarkan ketentuan yang berlaku tahun 2020, pilihan program studi disesuaikan kelompok ujian UTBK dengan jumlah pilihan maksimal 2 (program studi jenjang D4 atau S1). Ujian mandiri dibuka pada pertengahan bulan Juli dengan jadwal pengumuman bulan Agustus. Biaya pendaftaran ujian mandiri UNY sebesar Rp 200.000 tahun 2020 masih mungkin mengalami perubahan.

2.Universitas Gadjah Mada (UGM)

Kampus favorit di Indonesia, yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM) turut membuka peluang bagi lulusan SMA sederajat untuk masuk melalui jalur seleksi mandiri. UGM memberlakukan seleksi dengan kombinasi hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta nilai Ujian Tulis (UTUL). Pelaksanaan Ujian Tulis UGM dilaksanakan berdasarkan jadwal yang akan diumumkan di website resmi. Pendaftar jalur mandiri UGM bisa dilakukan lulusan tahun 2021, 2020, dan 2019. Pilih maksimal 3 program studi tujuan di jenjang Diploma IV (D4)/Sarjana Terapan dan/atau Program Sarjana (S1) sesuai kelompok UTBK.

Pendaftaran ujian mandiri UGM tahun 2020 dibuka pada bulan Juni hingga Juli. Pendaftar kemudian akan diminta memilih kategori Ujian Tulis kelompok Saintek, kelompok Soshum, dan kelompok campuran. Biaya pendaftaran ujian mandiri peserta yang memilih lokasi ujian di Yogyakarta adalah Rp 325.000 (kelompok Saintek dan Soshum) dan Rp 350.000 (kelompok campuran). Adapun peserta ujian yang memilih lokasi di luar Yogyakarta akan dikenakan biaya pendaftaran Rp 550.000 (kelompok Saintek dan Soshum) dan Rp 575.000 (kelompok campuran).

3.Institut Teknologi Bandung (ITB)

Meneruskan studi di Bandung berbekal nilai UTBK bisa kamu coba dengan mendaftar Seleksi Mandiri (SM)-ITB. Kuota yang ditawarkan dari jalur mandiri di kampus ini mencapai 30% dengan prioritas pendaftar yang belum diterima melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Pendaftaran SM ITB tahun 2020 dilakukan bulan Juli dengan biaya pendaftaran sebesar Rp 100.000 dan Rp 150.000 untuk FSRD.

Perlu kamu ketahui bahwa selain menggunakan nilai UTBK untuk proses penerimaan, pendaftar juga akan diminta untuk mengumpulkan nilai rapor dan ketentuan lainnya. Khusus Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), pendaftar perlu melampirkan hasil tes keterampilan. Aturan ujian mandiri ITB bisa kamu dapatkan melalui website resmi dan media sosial ITB.

4.Institut Pertanian Bogor (IPB)

Gunakan nilai UTBK yang kamu miliki untuk mendaftar ujian mandiri di Institut Pertanian Bogor. Salah satu kampus favorit di Kota Bogor, Jawa Barat ini menawarkan seleksi jalur mandiri dengan menggunakan nilai UTBK atau dengan Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTM-BK IPB). Jika kamu memiliki nilai UTBK cukup tinggi dan tidak ingin menjalani seleksi lagi, pilihan seleksi mandiri dengan nilai UTBK bisa menjadi solusi yang terbaik. Berdasarkan data tahun 2020, biaya pendaftaran ujian mandiri sebesar Rp 300.000 dengan jadwal pendaftaran mulai bulan Juni hingga Juli.

5.Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Seleksi jalur mandiri di ITS dengan nama Seleksi Kemitraan dan Mandiri (SKM) – ITS ditawarkan dalam dua macam, yaitu seleksi mandiri dengan nilai UTBK dan seleksi mandiri dengan nilai Tes Kemampuan Akademik ITS. Ada pula dokumen yang diperlukan dalam pendaftaran jalur mandiri ITS, yaitu deskripsi diri, nilai rapor, serta prestasi lainnya. Dokumen portofolio diperlukan pada program studi tertentu di ITS.

Pendaftaran ujian mandiri di ITS tahun 2020 dilakukan mulai bulan Juli dengan pengumuman bulan Agustus. Biaya pendaftaran ujian mandiri ITS sebesar Rp 250.000 dan masih mungkin mengalami perubahan pada tahun 2021.

6.Universitas Padjajaran (Unpad)

Jalur mandiri di Universitas Padjadjaran terbuka untuk pendaftar yang sudah memiliki nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Pendaftaran ujian mandiri di Universitas Padjadjaran dibuka mulai bulan Juni hingga Juli dengan pengumuman bulan Agustus. Biaya pendaftaran yang perlu kamu keluarkan sebesar Rp500.000.

Demikian informasi 6 PTN yang membuka jalur mandiri dengan nilai UTBK. Tidak perlu khawatir jika belum diterima di PTN tujuan dari jalur SBMPTN karena masih ada jalur mandiri sebagai alternatif. Setelah mengetahui adanya daftar kampus favorit yang turut menerima nilai UTBK sebagai bentuk seleksi, kamu bisa bersiap belajar lebih giat untuk mendapatkan nilai UTBK tinggi. Pahami persyaratan masing-masing PTN dalam menyelenggarakan ujian mandiri agar peluang diterima semakin besar. Ikuti informasi terbaru PTN melalui website resmi dan media sosial. Semoga berhasil!

Berlangganan via Email