Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Jurusan Kuliah Untuk Lulusan SMK TKJ Yang Perlu Kamu Tau

10 Jurusan Kuliah Untuk Lulusan SMK TKJ

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada dasarnya diperuntukkan bagi kaum muda yang ingin segera bekerja setelah lulus sekolah. Namun, tak jarang pula lulusan SMK yang ingin melanjutkan kuliah untuk memperdalam keilmuannya, tak terkecuali bagi lulusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Jurusan kuliah untuk lulusan SMK TKJ tentu yang masih berhubungan dengan dunia komputer dan jaringan, berikut diantaranya akan diuraikan di bawah ini.

1. Teknik Komputer

Jurusan teknik komputer atau dikenal juga dengan sebutan jurusan sistem komputer. Teknik komputer ini merupakan program studi yang mengintegrasikan teknik elektro dan ilmu komputer dalam mengembangkan sistem perangkat keras, perangkat lunak, dan jaringan komputer.

2. Teknik Informatika

Kuliah jurusan ilmu informatika secara spesifik akan mempelajari teknik tentang pemrograman. Tetapi ada juga jurusan teknik informatika yang mempelajari jaringan komputer, tergantung dengan mata kuliah yang disediakan oleh prodi tersebut.

3. Manajemen Informatika

Manajemen informatika dan sistem informasi merupakan program studi yang sama. Program studi ini mempelajari bagaimana mendesain sebuah sistem yang tepat berdasarkan tujuan organisasi atau perusahaan sesuai dengan kebutuhan dan proses bisnis.

4. Ilmu Telekomunikasi

Dalam program studi telekomunikasi Kamu akan mendalami ilmu jaringan komputer, sistem perangkat keras, dan pemrograman. Sistem perangkat keras dan pemrograman erat kaitannya dengan jaringan yang jika disatukan akan menjadi sebuah ilmu IT yang luar biasa.

5. Multimedia

Jurusan multimedia mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan pengembangan web, multimedia, permainan/game, hingga produksi sinema dan industri media. Jurusan multimedia ini merupakan salah satu jurusan kuliah untuk lulusan SMK TKJ yang sangat banyak dicari di era serba digital ini.

6. Teknik Elektronika

Jurusan teknik elektronika berkaitan dengan hal-hal yang berbau fisika seperti tenaga listrik dan elektromagnetik. Untuk saat ini, kebutuhan akan teknisi elektronika semakin luas, mulai dari teknisi telekomunikasi, teknisi radar, sonar dan navigasi, teknisi frekuensi radio dan microwave, teknisi selular, teknisi sistem jaringan, dan lain sebagainya.

7. Animasi

Jurusan animasi merupakan bagian dari film dan TV production yang mempelajari bagaimana cara membuat animasi. Mulai dari dasar hingga pembuatan animasi dengan peralatan teknologi yang canggih.

8. Jurnalistik

Lulusan TKJ yang menyukai dunia jurnalistik dapat melanjutkan kuliah jurusan jurnalistik. Ilmu komputerisasi Kamu akan terpakai dalam hal publikasi stasiun tv, menyusun tampilan naskah, memilih atau mengambil foto, dan menulis.

9. Marketing/Pemasaran

Diera digital seperti sekarang ini, jurusan TKJ dibutuhkan dalam dunia marketing/pemasaran. Kamu dapat mengkombinasikan keahlian komputerisasi dengan marketing dalam memasarkan produk dan jasa dalam dunia digital.

10. Akuntansi

Meski terdengar lintas jurusan, namun jurusan akuntansi berkaitan erat dengan penggunaan komputer dalam menghitung untung dan rugi perusahaan. Keahlian komputerisasi akan tetap bermanfaat dengan memilih jurusan akuntansi meski lulusan SMK TKJ.

Nah, demikianlah beberapa jurusan kuliah untuk lulusan SMK TKJ yang masih berkaitan dengan dunia komputer dan teknologi. Lulusan jurusan-jurusan di atas tentu akan mudah mendapat pekerjaan, karena di era yang serba digital ini hampir semua pekerjaan membutuhkan lulusan yang ahli dalam bidang teknik komputer dan jaringan.

Artikel Terkait :

Berlangganan via Email