Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga serta Alasannya

Sahabat Nabi yang dijamin masuk surga dan alasannya
Ada 10 sahabat nabi yang dijamin masuk surga dan pastinya ada sebab serta alasannya mengapa mereka mendapatkan keistimewaan itu.

Kisah tentang 10 sahabat nabi yang dijamin masuk surga tersebut terdapat dalam hadist shahih yang diriwayatkan oleh At Tirmidzi yang berbunyi :

عن عبد الرحمن بن عوف قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: أبو بكر في الجنة وعمر في الجنة وعثمان في الجنة وعلي في الجنة وطلحة في الجنة والزبير في الجنة وعبد الرحمن بن عوف في الجنة وسعد في الجنة وسعيد في الجنة وأبو عبيدة بن الجراح في الجنة

“Dari Abdurrahman bin ‘Auf, dia berkata: Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: Abu Bakr di syurga, Umar di syurga, Utsman di syurga, Ali di syurga, Thalhah di syurga, Az Zubair di syurga, Abdurrahman bin ‘Auf di syurga, Sa’d di syurga, Sa’id di syurga, dan Abu Ubaidah ibnul Jarrah di syurga.” [HR At Tirmidzi (3747), hadits shahih].

Dari 10 sahabat nabi yang dijamin masuk surga tersebut, 4 khulafaur rasyidin yaitu Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali juga termasuk di dalamnya.

10 Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga dan Alasannya

1. Abu Bakar Siddiq ra.

Alasan : Beliau merupakan orang yang pertama masuk Islam, dan sahabat nabi yang terdekat, di samping itu, beliau juga adalah mertua baginda Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Beliau merupakan sahabat yang tidak pernah meragukan apa yang disampaikan Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam, sehingga beliau mendapat gelar Ash-Shidiq artinya yang benar.

2. Umar Bin Khatab ra.

Alasan : Karena kesetiaan Umar Bin Khatab mendampingi Rasulullah dalam menyiarkan Islam yang tidak perlu diragukan lagi.

Umar selalu mengawal dan menjaga di barisan paling depan ke mana pun Rasulullah ingin pergi. Hingga Umar dijuluki sebagai singa padang pasir karena keberaniaannya.

3. Usman Bin Affan ra.

Alasan : Ia merupakan sahabat nabi yang mulia dan juga seorang pedagang kaya raya yang sangat dermawan.

Usman bin Affan dikenal sebagai saudagar yang sangat sukses dan ia juga tidak tanggung-tanggung untuk menyedekahkan hartanya untuk kepentingan syiar Islam.

4. Ali Bin Abi Thalib ra.

Alasan : Selain karena sepupu dan menantu nabi, Ali Bin Abi Thalib merupakan orang yang pertama masuk Islam dari golongan anak-anak.

Kisah yang paling terkenal saat Ali membantu Rasulullah untuk melarikan diri dari kejaran kaum kafir Quraisy. Ia berpura-pura tidur di atas ranjang Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam untuk mengelabui kafir Quraisy.

5. Thalhah Bin Abdullah ra.

Alasan : Salah satu dari 10 sahabat nabi yang dijamin masuk surga adalah Thalhah Bin Abdullah. Ia wafat pada saat mengikuti Perang Uhud.

Ia melindungi Nabi yang sudah dalam keadaan terdesak sehingga ia menerima 70 luka dari sabetan pedang, tusukan tombak, dan anak panah, lalu pergelangan tangan terpotong, hingga akhirnya terjatuh dan mati syahid.

6. Zubair Bin Awaam

Alasan : Zubair merupakan putra dari bibi Rasulullah atau ia merupakan sepupu dari Nabi Muhammad SAW.

Zubair termasuk dalam golongan as-Sabiqun al-Awwalun atau sahabat nabi yang dijamin masuk surga. Ia juga dikenal sebagai orang pertama yang menghunus pedang di jalan Allah.

7. Sa’ad bin Abi Waqqas

Alasan : Sa’ad bin Abi Waqqash masuk Islam pada umur 17 tahun. Dia selalu mengikuti pertempuran dengan kaum Quraisy.

Ia juga sempat menjadi pemimpin perang pada saat melawan Persia. Perang tersebut merupakan salah satu perang besar dan bersejarah bagi umat Islam.

8. Sa’id Bin Zaid

Alasan : Sa’id selalu mengikuti peperangan kecuali Perang Badar, karena pada saat itu ia sedang menjalankan tugas lain dari Rasulullah. Sa’id bin Zaid juga merupakan sepupu dekat dari Umar bin Khattab.

9. Abdurrahman Bin Auf

Alasan : Abdurrahman bin Auf merupakan salah satu dari 10 sahabat nabi yang dijamin masuk surga sesuai hadits di atas.

Ia dikenal sebagai sahabat Nabi yang memiliki keahlian dalam berbisnis. Ia juga berjuang di jalan Allah dengan harta dan jiwa yang ia miliki.

10. Abu Ubaidillah Bin Jarrah

Alasan : Abu Ubaidillah merupakan seorang muhajirin dari kaum Quraisy Mekkah. Ia juga pernah ikut untuk berhijrah ke Madinah dan terlibat dalam peperangan membela Islam.

Abu Ubaidillah juga merupakan panglima perang dalam memimpin pasukan Muslim ketika berperang melawan Romawi pada saat kekhalifahan Abu Bakar.

Demikianlah informasi mengenai 10 sahabat nabi yang dijamin masuk surga beserta alasannya.


Semoga kita bisa meneladani sifat-sifat mereka dalam membela Agama Islam hingga mereka rela mengorbankan harta, benda, bahkan nyawa untuk agama Allah ini.
Artikel Terkait :

Berlangganan via Email