Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Selain Hagia Sophia, 5 Tempat Ibadah Ini Pernah Berubah Fungsi

Selain Hagia Sophia, 5 Tempat Ibadah Ini Pernah Berubah Fungsi
Hagia Sophia, merupakan salah satu bangunan ikonik di Turki ini yang sempat menjadi perbincangan karena berubah fungsi. Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengeluarkan dekrit baru yang menyatakan bahwa Hagia Sophia resmi kembali menjadi masjid.

Selain Hagia Sophia, ternyata ada bangunan lainnya yang berubah fungsi menjadi masjid atau pun gereja, lho. Berikut lima tempat ibadah yang telah berubah fungsi.

1. Masjid Attarine, Mesir

Sebelum menjadi masjid, bangunan ini merupakan gereja yang telah dibuka sejak 370 Masehi. Kemudian berubah menjadi masjid yang dibuka sejak 1976. Beberapa kali renovasi dilakukan saat pemerintahan Ottoman.

2. Masjid Agung Al-Omari, Beirut

Sebelum menjadi masjid, Masjid Agung Al-Omari merupakan sebuah kuil atau tempat pemandian Romawi sebelum dibangun gereja. Kemudian bangunan tersebut diubah menjadi masjid setelah penaklukan Islam dan diberi nama Umar Bin Khattab.

Namun, pada awal abad ke-12, tentara salib menyerang Beirut dan mengubahnya menjadi gereja kembali. Pada 1187, Saladin, seorang penjajah muslim, membuatnya beralih fungsi menjadi masjid lagi.

Pada 1197, tentara salib mengubahnya kembali menjadi katedral. Akhirnya pada 1291 bangunan ini diubah kembali menjadi masjid sampai saat ini.

3. Masjid Agung Palestina

Sebelum menjadi masjid, Masjid Agung Palestina ini merupakan gereja yang didirikan oleh Kaisar Romawi Justinian I pada abad ke-6. Pada 1186, bangunan ini diubah menjadi Masjid Agung Palestina setelah penaklukan Saladin.

4. Masjid Selimiye, Siprus

Awalnya, Masjid Selimiye merupakan sebuah bangunan katedral Katolik Roma Saint Sophia. Namun, bangunan ini berubah fungsi menjadi masjid pada 1570, setelah pemerintahan Ottoman menguasai Nicosia.

5. Masjid Ketchaoua, Aljazair

Masjid terbesar di Aljazair ini telah dibangun sejak 1612. Sempat berubah menjadi gereja pada 1830-1962, tepatnya pada masa pemerintahan kolonial Prancis. Namun setelah kemerdekaan Aljazair pada 1962, bangunan ini kembali diubah menjadi masjid.
Artikel Terkait :

Berlangganan via Email