Cara Optimasi dan Mempercepat Loading Blog

Cara Optimasi dan Mempercepat Loading Blog – Membangun sebuah blog yang ringan dan juga cepat merupakan sesuatu yang wajib dilakukan oleh para blogger tanpa terkecuali. Karena dengan adanya memiliki blog yang cepat dapat meningkatkan ranking pada search engine terutama google. Tak hanya itu saja, mempercepat loading blog juga dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada para pengunjung blog.

Namun, belakangan ini para blogger tidak lagi memperhitungkan kecepatan loading blog mereka. Salah satunya teman blogger saya, secara masif mereka meletakkan iklan-iklan yang terlalu banyak dalam satu halaman sehingga dapat membuat loading blog tersebut menjadi lama atau lemot.

Selain lama, membuka halaman blog yang memiliki banyak iklan akan membuat kuota internet para pengunjung menjadi lebih boros.

Untuk itu, sebaiknya para blogger mempertimbangkan faktor-faktor yang dapat membuat loading halaman tersebut menjadi berat. Padahal banyak sekali cara-cara yang dapat anda lakukan untuk mengoptimasi loading blog menjadi lebih cepat.

Pada tahun 2010 yang lalu google telah mengumumkan bahwa kecepatan loading blog adalah salah satu sinyal yang digunakan untuk algoritmanya dalam merangking halaman blog.

Sejak saat itu, banyak sekali penelitian-penelitian yang dilakukan oleh para blogger tentang dampak dari kecepatan loading pada blog mereka.

Selain itu, dari lambatnya loading blog akan dapat memberikan dampak negatif, seperti:

1. Berkurangnya trafik
Dengan loading blog yang lambat dan berat, tentu saja akan membuat gerah pengunjung yang mengunjungi situs anda. Karena, mereka akan merasa situs yang mereka kunjungi terasa lama dibuka.

2. Berkurangnya Pendapatan
Seiring dengan berkurangnya trafik akibat loading blog yang lambat, tentu saja akan memberikan dampak yang buruk bagi pendapatan anda. Dengan berkurangnya trafik otomatis akan mengurangi pendapatan anda dan tingkat konversi.

3. Memiliki dampak buruk bagi SEO
Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, google telah mengumumkan bahwa kecepatan loading situs merupakan salah satu sinyal yang digunakan untuk algoritmanya dalam merangking sebuah halaman blog. Dengan loading blog yang lambat maka lambat laun situs atau blog anda dapat tergusur dengan blog-blog yang mempunyai kualitas lebih baik.

Jadi, sebaiknya untuk para blogger jangan pernah menganggap remeh kecepatan loading blog pada situs anda. Karena website yang lambat akan dapat mengurangi penghasilan anda.

Lalu bagaimana cara membangun website yang cepat? Atau Bagaimana Cara Mempercepat Loading Blog?

Pertanyaan tersebut sering kali saya jumpai baik di forum ataupun grup facebook. Karena hal seperti itu saya akan mencoba memberikan tips bagi anda yang ingin mempercepat loading blog agar mendapatkan user experience dan juga ranking yang baik di mata google search engine.

Cara Mempercepat Loading Blog di Blogger

Tidak banyak juga yang bisa kita lakukan untuk mempercepat loading blog di blogger. Karena kita istilah nya hanya ‘menumpang’ di server google secara otomatis akses kita terbatas untuk melakukan optimasi blog tersebut. Selain memilih template/tema yang tepat, beberapa tips dibawah ini mungkin bisa anda terapkan untuk  mempercepat loading blog anda.

1. Memperkecil Ukuran CSS

Tips pertama yang bisa anda lakukan untuk mempercepat loading blog ialah dengan cara memperkecil ukuran css yang anda gunakan pada blog anda. Dengan cara ini, ukuran css yang digunakan pada blog anda akan lebih ringan dan secara tidak langsung juga dapat mempercepat loading blog pada situs anda. Anda tidak perlu lagi mengubah ukurannya secara manual, karena cara ini akan memakan waktu yang lumayan lama. Untuk memperkecil ukuran CSS anda bisa menggunakan salah satu website atau situs CSS compressor dibawah ini:

https://www.csscompressor.com
https://cssoptimiser.com
https://imabblog.com/cssoptimizer/compress.html.

2. Kompress gambar sebelum diupload

Untuk anda yang banyak sekali menggunakan gambar pada blognya, salah satu yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan loading blog ialah dengan cara mengkompress ukuran gambar sesuai yang di rekomendasikan oleh google. Google telah memberikan rekomendasi gambar yang bisa disisipkan pada blog, berikut ini pernyataannya:

1. PNG hampir selalu lebih baik dari GIF, meskipun beberapa versi browser lawas mungkin hanya mendukung format untuk PNG saja.
2. Gunakan GIF untuk grafik sederhana atau sangat kecil (misalnya kurang dari 10×10 piksel, atau palet warna yang kurang dari 3 warna) dan untuk gambar yang bergerak.
3. Gunakan JPG untuk semua gambar bergaya fotografi.
4. Jangan menggunakan BMP atau TIFF.

Sebaiknya, sebelum anda melakukan upload ke blog sebaiknya lakukan kompress terlebih dahulu pada gambar yang akan anda gunakan. Cukup susah, namun hal tersebut dapat membantu mempercepat loading blog dan juga menghemat ruang simpan pada blog anda. perlu diingat juga, jangan terlalu mengkompress gambar terlalu berlebihan, karena hal tersebut dapat mengakibatkan berkurangnya ketajaman gambar sehingga sulit untuk dilihat oleh pengunjung.

3. Memasang Javascript Lazy Load

Lazy load sendiri berfungsi untuk menunda (delay) terhadap request yang dibutuhkan. Mungkin dibeberapa blog/website anda pernah menemukan halaman yang menggunakan lazy load ini, seperti halnya yang digunakan oleh blog saya sendiri. Untuk memasang javascript lazy load diblogger anda bisa membaca artikel berikut : Cara Memasang Lazyload di Blogger

Dengan memasang javascript lazy load tersebut, cukup ampuh untuk meningkatkan kecepatan loading blog anda.

4. Hindari penggunaan gambar untuk background blog

Banyak para blogger yang menggunakan gambar sebagai background halaman blog nya, dengan tujuan untuk memperindah blog. Tapi, sebenarnya tahukah anda? penggunaan gambar sebagai background halaman blog anda akan menyebabkan loading blog lebih lama dan berat. Secara tidak langsung akan menurunkan kecepatan loading blog anda.

Oleh sebab itu, sebaiknya anda menghindari penggunaan gambar sebagai background blog.

5. Batasi jumlah penayangan iklan

Ini yang perlu anda waspadai, kadang ada blogger yang secara ‘membabi buta’ memasang iklan yang terlalu banyak dalam satu halaman blog, tentu saja hal tersebut akan membuat loading blog anda menjadi lebih lambat.

Sebaiknya jangan terlalu banyak menayangkan iklan pada satu halaman, hal tersebut juga dapat mempengaruhi kecepatan loading blog anda.

Selain dapat memperlambat loading blog anda, terlalu banyak iklan dalam satu halaman blog juga akan mengganggu para pengunjung untuk membaca konten anda dengan baik.

6. Jangan Terlalu Banyak Memasang Widget 

Beberapa para blogger dengan sengaja memasang banyak widget pada blog mereka dengan alasan akan memudahkan para pengunjung untuk menelusuri setiap konten yang ada di blog tersebut. Jadi widget hanya berfungsi sebagai navigasi untuk pengunjung untuk memperoleh apa yang mereka cari. Hal ini sangat bagus, apabila memasang widget dengan tujuan untuk mempermudah pengunjung untuk memperoleh apa yang mereka cari.

Namun, dengan terlalu banyak memasang widget juga akan membuat blog anda menjadi lebih lambat. Karena semakin banyak anda menggunakan widget, maka request yang dibebankan kepada server pun akan menjadi lebih berat. Sebaiknya anda gunakan widget secukupnya saja jangan terlalu berlebihan.

Tes Kecepatan Blog Anda

Setelah semua optimasi diatas sudah anda lakukan, sekarang saatnya anda mencoba mengetes kecepatan pada blog anda. Banyak sekali tools yang bisa anda gunakan untuk mengetahui skor kecepatan sebuah blog salah satunya yaitu:

1. Pingdom

Pingdom merupakan sebuah tools yang digunakan untuk mengetahui kecepatan sebuah blog. Dengan bantuan pingdom ini Anda dapat melihat jumlah permintaan/request, berat halaman, waktu akses halaman / load time.

2. GTmetrix

Tools ini sangat populer dikalangan para blogger untuk dapat mengetahui berapa skor kecepatan akses blog mereka. Dengan bantuan tools gtmetrix ini anda dapat mengetahui secara detail informasi yang ada pada blog anda tersebut. Dan memberikan rekomendasi untuk mempercepat website. Dengan informasi yang sangat detil, anda bisa mengetahui bagian mana saja yang perlu dioptimasi untuk meningkatkan kecepatan loading blog anda.

Selain kedua tools diatas sebenarnya masih ada lagi tools yang bisa anda gunakan untuk mengetahui kecepatan loading blog yaitu Google Pagespeed Insight dan juga WebPage Test.

Sekarang coba anda bandingkan antara blog yang belum di optimasi dengan blog yang sudah dioptimasi dengan cara-cara diatas. Apakah ada perubahan?

Seharusnya, jika anda sudah melakukan optimasi nya dengan benar, akan ada peningkatan kecepatan loading blog. Meskipun tidak terlalu signifikan, namun hal tersebut mampu memberikan manfaat yang luar biasa bagi pengunjung.

Demikian artikel tentang Cara Optimasi dan Mempercepat Loading Blog. Semoga tips diatas bisa membantu anda untuk terus meningkatkan kecepatan loading website yang sedang anda bangun.
Buka Komentar
Tutup Komentar

0 Response

Post a Comment

Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel