Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mematikan Update IDM Agar Tidak Muncul Terus

Perlukah Mengupdate IDM? 

Mematikan update IDM biasanya dilakukan oleh orang-orang yang merasa terganggu dengan adanya pemberitahuan update IDM terbaru. Seperti yang telah diketahui, IDM akan memberikan notifikasi mengenai update terbaru yang berisi fitur-fitur tambahan atau peningkatan pelayanan untuk meningkatkan kenyamanan penggunanya.

Selain itu, jika IDM yang digunakan non-original, akan muncul permintaan kode serial yang sulit didapat kecuali IDM yang digunakan original. Lalu bagimana caranya menikmati fitur terbaru IDM jika notifikasi update-nya dimatikan? Jangan khawatir, sebab ada cara update IDM khusus untuk pengguna non-original yang membuat penggunanya tetap bisa menikmati layanan terbaru IDM.

Cara Mematikan Update IDM

Jadi jika kalian terganggu dengan notifikasi update IDM yang terus-menerus muncul ketika kamu mengakses konten-konten menarik di internet, lebih baik segera matikan pemberitahuan tersebut. Ada beberapa cara mematikan update IDM yang bisa dilakukan dengan mudah, sehingga nantinya kamu dapat kembali menggunakan IDM dengan nyaman.

1. Registry Editor

Seperti yang sudah dikatakan, cara mematikan update IDM tidaklah sulit, salah satunya yaitu dengan cara menggunakan Registry Editor. Cara ini bisa dilakukan dengan cepat dan tentu saja sangat ampuh untuk menonaktifkan pemberitahuan update IDM yang kerap muncul. Lalu seperti apa cara mematikan Update IDM dengan Registry Editor?

  • Pertama, jalankan Registry Editor pada PC atau laptop dengan cara klik Start Menu lalu ketik regedit, lalu klik Yes.
  • Setelah jendela Registry Editor terbuka, buka HKEY_CURRENT_USER, kemudian pilih Download Manager.
  • Jika sudah, pilih LastCheck, lalu ganti value tahun dengan angka yang lebih besar. Contoh, ubah tahun menjadi 9999 yang disingkat menjadi 99.
  • Kemudian, klik OK.
  • Setelah itu, restart PC atau laptop kalian.
  • Proses mematikan update IDM pun telah berhasil dilakukan.

2. Rename File IDM

Selain menggunakan Registry Editor, cara mematikan IDM update lainnya ialah dengan Rename File IDM. Ya, dengan mengubah nama file IDM yang kita pasang di PC atau laptop bisa secara otomatis menghentikan pemberitahuan update IDM yang kerap masuk dan mengganggu. Sama-sama mudah, beginilah cara mematikan IDM update dengan Rename File IDM.

  • Pertama, pastikan terlebih dahulu bahwa IDM di PC atau di laptop kita sudah ditutup.
  • Setelah itu, cari dan buka folder instalasi IDM. Biasanya, folder tersebut terletak di folder C: >> Program Files >> Internet Download Manager.
  • Kemudian, cari dan rename file exe menjadi idmhelp-old.exe.
  • Jika sudah, restart laptop atau PC.
  • Buka kembali folder instalasi Internet Download Manager tadi.
  • Selanjutnya, cari dan pilih file dengan nama iexe lalu rename menjadi IDMGrHIp.exe.
  • Restart sekali lagi laptop atau PC.
  • Setelahnya, Internet Download Manager (IDM) telah berubah menjadi full version dan notifikasi update atau fake serial number pun tidak akan muncul kembali.

Kelebihan dan Kekurangan Internet Download Manager (IDM)

Setelah mengetahui cara mematikan auto update IDM, kini saatnya kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan IDM. Software yang berfungsi untuk mengunduh konten terutama video dari internet ini memang disukai banyak orang. Alasan utamanya adalah proses download yang dilakukan menjadi sangat mudah dan lebih cepat dibanding cara mengunduh lainnya.

Meski memiliki banyak keunggulan, bukan berarti Internet Download Manager (IDM) tidak memiliki kekurangan sama sekali. Namun, kekurangan IDM tetap tidak menutupi segudang manfaat yang disajikannya. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan IDM?

Kelebihan IDM 

Internet Download Manager (IDM) memiliki banyak sekali kelebihan. Semua kelebihan yang dimilikinya menjadi alasan utama banyak orang mengandalkan software ini untuk mendowload dan mengatur setiap file yang telah diunduh. Kelebihan yang dimilikinya pun tidak dimiliki oleh banyak software serupa lainnya. Apa saja kelebihan utama IDM?

  • IDM adalah software yang ringan dan mudah digunakan. Software ini tidak akan membuat komputer atau laptopmu menjadi lambat. User interfaace-nya pun sangat ramah bagi siapa saja, termasuk bagi pemula. Setiap orang yang menggunakannya pasti tidak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi dan menguasai semua fitur yang tersedia di dalam Internet Download Manager (IDM).
  • File yang didownload bebas dari virus. IDM akan secara otomatis mendeteksi virus dari file yang hendak diunduh. Jika terdapat virus, IDM akan langsung memberikan notifikasi kepada penggunanya.
  • IDM memiliki fitur resume download yang sangat berguna ketika kita mengunduh file berukuran besar dan terdapat beberapa kendala teknis: laptop atau PC panas, mati listrik, atau internet yang tiba-tiba mati. Dengan adanya fitur ini kita dapat melanjutkan kembali proses download setelah kendala teknis teratasi.
  • IDM memiliki fitur yang dapat membatasi bandwith yang digunakan saat proses download berlangsung. Fitur ini tentu sangat berguna bagi para pengguna yang sedang menghemat bandwith atau bagi pengguna yang sedang menggunakan bandwith bersama-sama dalam suatu jaringan.
  • IDM dapat terhubung dengan browser yang dipakai penggunanya sehingga ketika kita sedang berselancar di internet lalu menemukan konten (gambar, audio, atau video yang hendak diunduh, kita tidak perlu lagi memasukkan link file tersebut ke dalam IDM. Software ini akan muncul dan men-download secara otomatis sebuah file, namun tetap menanyakan terlebih dulu tempat file tersebut akan disimpan.
  • IDM juga berfungsi sebagai download accelerator yang membuat kecepatan download sebuah file yang kamu lakukan dapat meningkat. IDM akan mengoptimalkan kecepatan internet yang kamu miliki. Kamu akan merasakan perbedaan signifikan ketika men-download menggunakan IDM dengan men-download tanpa menggunakan IDM.

Kekurangan IDM

Setelah mengetahui cara mematikan auto update IDM dan kelebihan yang dimiliki IDM, kini saatnya kamu mengetahui kekurangan-kekurangan software download ini.

Dengan mengetahui kekurangannya, kamu akan lebih siap dalam menggunakannya dan dapat mengantisipasi dengan lebih cepat dan tepat ketika berhadapan dengan kekurangan tersebut. Inilah kekurangan Internet Download Manager (IDM):

  • Software IDM yang asli tidaklah gratis. Kamu pun harus membayar harga yang cukup tinggi untuk bisa menggunakannya yaitu sekitar Rp300.000. Namun saat ini sudah tersedia Internet Download Manager (IDM) gratis dengan masa trial atau percobaan selama kurang lebih 30 hari. Namun tidak perlu khawatir, ada banyak cara update IDM yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.
  • Ketika dalam proses download suatu file terutama file yang berukuran besar dalam suatu jaringan komputer, IDM akan cenderung menggunakan bandwith yang cukup besar, akibatnya komputer lain akan mengalami kesulitan untuk mengakses jaringan internet yang sama.
  • Pada beberapa kasus, IDM kerap eror, terutama ketika mengunduh banyak file sekaligus dan jaringan internet yang terhubung tidak terlalu baik. Tapi tidak perlu khawatir, file yang di-download tetap bisa dilanjutkan ketika masalah ini sudah teratasi.

Tidak ada dampak berarti yang akan muncul setelah kamu mematikan update IDM yang kamu gunakan. Justru sebaliknya, kamu akan merasa lebih nyaman tanpa adanya gangguan setiap kali hendak mengunduh konten favorit melalui Internet Download Manager.
Artikel Terkait :

Berlangganan via Email