Cara Mengatasi Windows Cannot Access Ketika Melakukan File / Folder Sharing

Cara Mengatasi Windows Cannot Access
Pengguna Windows tersebar di seluruh dunia, baik yang menggunakan Windows 7, 8, atau juga Windows 10. Memang ada banyak kelebihan ketika kita menggunakan sistem operasi Windows. Salah satunya adalah kemudahan dalam mengoperasikannya karena terbantuk dengan beragam ikon dan instruksi yang jelas.

Selain itu, cara instalasi Windows juga tidak sulit. Bahkan hanya bermodalkan tutorial dari YouTube kemungkinan besar kamu bisa menginstal komputer maupun laptop kamu. Kelebihan lain yang dimiliki oleh Windows yaitu kamu bisa menginstall berbagai macam aplikasi yang anda download di internet. Kamu tidak perlu khawatir lagi aplikasi yang kamu instal tersebut malah tidak bisa terinstal di komputer karena tidak sesuai atau tidak kompatible.

Berbeda dengan ketika kamu menginstalnya di OS yang lainnya. Kemungkinan aplikasi tidak dapat terinstal bisa terjadi. Hal ini disebabkan format aplikasi tersebut tidak sesuai atau tidak terbaca oleh sistem operasi yang kamu gunakan.

Arti Pesan Windows Cannot Access

Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, pesan Windows Cannot Access berarti sistem operasi Windows tidak dapat mengakses sesuatu. Biasanya hal ini berkaitan dengan masalah Windows yang tidak bisa mengakses file, perangkat, maupun lokasi yang kalian ketikkan.

Bahkan pesan ini muncul ketika kalian tidak dapat atau tidak memiliki izin untuk mengakses file maupun perangkat tersebut. Itu artinya, kita memang tidak akan bisa mengakses apa yang kita inginkan meskipun sebenarnya file atau perangkat tersebut sudah tersedia di komputer kalian.

Lalu apa saja hal-hal yang menyebabkan pesan Windows cannot access ini muncul?

1. Lokasi Drive yang hilang
Masalah pertama adalah karena lokasi Drive yang sudah hilang. Contoh yang paling umum adalah ketika kalian sebelumnya mencolokkan flashdisk. 

Kemudian anda ingin mencari folder atau file di flashdisk, sementara flashdisknya sudah kalian cabut. Maka pesan tersebut akan muncul karena memang lokasi Drive tempat file atau folder yang kalian cari sudah tidak ada alias hilang.

2. Jaringan terputus
Penyebab kedua adalah karena jaringan yang terputus alias disconnect. Biasanya hal ini terjadi bagi kalian yang kerap mentransfer data melalui FTP atau LAN.

3. Akses file yang hilang
Windows cannot access juga bisa muncul karena kalian sudah tidak memiliki akses lagi atau akses file yang sudah hilang. Perlu kamu pahami bahwa tidak semua file dapat kamu akses kapan saja. Terkadang ada batasan-batasan kapan kalian bisa mengakses file tersebut.

Cara Mengatasi Windows Cannot Access

Masalah seperti windows cannot access biasa ditemui ketika kalian sedang melakukan sharing folder. Untuk cara mengatasi windows cannot access yang sedang anda alami, maka kalian perlu menyimak langkah-langkahnya dibawah ini.

Setting Folder Agar Bisa Disharing

1. Pilih folder yang ingin kalian sharing kemudian klik kanan > pilih Properties.
2. Setelah pindah ke tab Sharing lalu pilih Advanced Sharing.
3. Centang opsi Share this folder kemudian pilih Permission.
4. Setelah itu anda pilih Add.
5. Masukkan nama pengguna / username laptop atau komputer anda. Ketika anda berada di login screen kan pasti nama pengguna / username dari laptop tersebut. Setelah itu pilih Check Names.
6. Jika username yang dimasukkan benar, nanti akan menjadi seperti ini. Setelah itu pilih OK.
7. Pilih username yang barusan anda tambahkan. Kemudian pada Permission for (nama-pengguna), centang semua permission seperti yang dikotaki merah. Setelah itu pilih OK.

Itulah cara mengatasi windows cannot access yang bisa terjadi ketika kita melakukan file sharing pada Windows. Semoga tutorial diatas bermanfaat dan mudah diterapkan. Terimakasih!
Buka Komentar
Tutup Komentar

0 Response

Post a Comment

Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel