Cara Mencari Titik Koordinat Google Maps di Android

Cara Mencari Titik Koordinat Google Maps di Android
Sebelum ada peta online seperti Google Maps, biasanya ketika hendak mencari sebuah lokasi, orang-orang melakukannya dengan cara mengunjungi area terdekat dan kemudian bertanya ke penduduk sekitar.

Setelah teknologi internet masuk dan biayanya terjangkau oleh banyak orang, hanya dalam waktu singkat Google Maps menjadi salah satu software populer di kalangan masyarakat. Dengan Google Maps, pencarian lokasi menjadi sangat mudah karena kamu hanya perlu menatap layar HP atau komputer untuk mengecek lokasi.

Google Maps tidak sekedar mampu menunjukkan lokasi yang kamu cari, tapi juga bisa menuntun kamu untuk mencapai lokasi tersebut dari berbagai arah. Hebatnya, Google Maps juga mampu menunjukkan waktu perjalanan yang akan kamu tempuh saat memilih sebuah rute berdasarkan jenis kendaraan yang kamu gunakan (mobil, pesawat, sepeda, jalan kaki, kereta api). Dengan data yang disediakan tersebut, kamu pun bisa memilih rute yang paling pendek untuk menghemat waktu dan biaya saat mengunjungi lokasi tersebut.

Cara Mencari Titik Koordinat Google Maps di Android

Banyak lokasi di dalam Google Maps yang juga disertai dengan foto-foto jalan dan bangunan. Untuk bangunan tertentu kadang disertai pula dengan foto-foto yang menunjukkan bagian dalam bangunan, contohnya seperti Plasa Telkom, kafe dan restoran. Yang juga menarik adalah kamu bisa mencari lokasi terdekat untuk bank, pom bensin, kafe, hotel, rumah sakit, kantor pos, tempat parkir dan toko. Bahkan kamu pun bisa mengetahui jam buka dan jam tutup untuk kantor pos, bank, kafe dan lainnya.

Setiap lokasi di dalam Google Maps juga memiliki titik koordinat GPS yang merupakan pertemuan antara garis bujur dan garis lintang, tapi letak informasi koordinat tersebut cukup tersembunyi sehingga agak sulit untuk mencarinya. Apabila kamu penasaran dengan koordinat lokasi tertentu, kamu bisa mengikuti panduan cara mencari koordinat di Google Maps berikut ini.

1. Buka aplikasi Google Maps di HP kalian.

Cara Mencari Titik Koordinat Google Maps di Android

2. Pada kolom pencarian, ketikkan nama lokasi yang diinginkan. Kemudian pilih lokasi tersebut.

Cara Mencari Titik Koordinat Google Maps di Android


3. Misalnya disini saya ingin mencari koordinat dari Foodpedia Antasari Lampung. Hal selanjutnya yang perlu kalian lakukan adalah tekan dan tahan ikon lokasi (ikon warna merah) tersebut.

Cara Mencari Titik Koordinat Google Maps di Android

4. Setelah itu akan muncul informasi koordinat dari lokasi tersebut. Kalian bisa mengcopy koordinat tersebut.

Cara Mencari Titik Koordinat Google Maps di Android

Penutup 

Setelah menemukan koordinat sebuah lokasi, yang bisa kalian lakukan selanjutnya adalah menyimpan koordinat lokasi tersebut supaya kalian bisa mengaksesnya lagi dengan mudah. Tidak perlu mencari-carinya lagi karena bisa langsung kalian buka melalui daftar lokasi di dalam Google Maps.

Setiap koordinat yang tersimpan di dalam daftar lokasi dapat kalian beri keterangan tambahan supaya lebih mudah untuk diidentifikasi. Daftar lokasi itu sendiri dapat diproteksi agar hanya kalian sendiri yang mengetahuinya atau dibagikan dengan orang lain.

Ada tiga opsi untuk berbagi daftar lokasi, yaitu melalui link yang kemudian dapat kalian kirimkan ke orang lain melalui email, melalui Facebook dan Twitter, atau dengan mengubah status daftar lokasi menjadi publik agar tampil di dalam Google Search. Daftar lokasi yang kalian miliki juga dapat diakses kapan saja dengan login ke akun Google kalian, jadi usahakan jangan sampai kalian lupa password.
Buka Komentar
Tutup Komentar

0 Response

Post a Comment

Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel